PENGERTIAN KEYBOARD, CARA KERJA DAN BAGIAN BAGIAN KEYBOARD

Sebuah komputer harus disertai dan dilengkapi sebuah keyboard untuk dapat bekerja dengan baik. Keyboard   ini merupakan peralatan input yan...




Sebuah komputer harus disertai dan dilengkapi sebuah keyboard untuk dapat bekerja dengan baik. Keyboard  ini merupakan peralatan input yang wajib dimiliki oleh setiap perangkat komputer agar bisa diberi perintah sehingga data bisa diproses. Dan perangkat input ini memang berfungsi untuk memasukan data yang kemudian akan disimpan dan dianalisa sebagai pemegang kontrol kinerja komputer. Salah satu perangkat bagian input ini ialah Keyboard.


APA ITU PENGERTIAN DAN CARA KERJA KEYBOARD ?




Keyboard dikenal dengan istilah papan kunci dimana terdapat banyak tombol huruf , angka, simbol, dan shortcut. Keyboard jenis standart memiliki jumlah tombol sebanyak 101 buah. Namun seiring dengan perkembangan, keyboard sudah dibuat dengan berbagai macam dan variasai dengan melihat kegunaanya. Misalnya dari 101 tombol sudah dikurangi karena terbatasnya tempat atau malah ditambah untuk memperbanyak fungsi tombol tombol keyboard tersebut. Perangkat keyboard ini berfungsi untuk memasukkan dan menulis data ataupun program kedalam komputer.

Cara kerja keyboard adalah dengan menekan tombol saat komputer standby, lalu keyboard tersebut akan memunculkan kode / angka / huruf yang ditekan, dengan kata lain keyboard akan merepresentasikan bentuk karakter atau perintah yang sesuai dengan tombol yang ditekan.


BAGIAN BAGIAN DASAR DARI KEYBOARD


Tombol keyboard Alfanumeric : Tombol ini merupakan kumpulan dari tombol tombol alfabel yang sama seperti dengan mesin mesin ketik terdahulu. Dalam bagian ini juga terdapat beberapa tombol tambahan seperti Capslock, Backspace, Enter, dll.

Tombol keyboard Numerik : Bagian ini merupakan tombol tombol yang berisi angka 0 - 9 beserta kumpulan tombol yang digunakan untuk operasi matematis yang umum seperti pada kalkulator. Pada keyboard yang umum, letak bagian tombol Numerik ini terletak pada bagian kanan.

Tombol keyboard Modifikasi : Bagian ini terdiri dari tombol Alt dan Ctrl dan dipergunakan untuk memperluas fungsi keyboard. Misalnya jika tombol tersebut ditekan bersamaan dengan salah satu tombol Alfanumerik akan memunculkan suatu perintah. Contohnya CTRL + C akan mempunyai fungsi "copy" pada windows.

Tombol keyboard Fungsi :  Tombol fungsi ini terletak pada bagian atas keyboard, tombol tombol keyboard fungsi tersebut berupa tombol F1 sampai F12. Tombol tombol ini berfungsi untuk memberikan perintah tertentu pada saat komputer sedang menjalankan software tertentu.

Tombol keyboard untuk pergerakan kursor : Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan kursor dan terdiri dari tombol arah atas, bawah, kanan, dan kiri.

Itulah informasi singkat tentang pengertian keyboard, cara kerja dan bagian bagian keyboard. Saat ini sudah banyak bentuk bentuk keyboard yang dijual dipasaran berdasarkan fungsi dan kegunaan, seperti keyboard untuk bermain game, keyboard standart, atau jenis jenis keyboard yang lain.

Related

Keyboard 18987992592574652
item