APA ITU PENGERTIAN GPU PADA KOMPUTER PC

Seringkali kita mendengar sebuah istilah GPU , sebenarnya apa itu pengertian GPU pada komputer / PC ? Secara umum GPU adalah singkatan dari...




Seringkali kita mendengar sebuah istilah GPU , sebenarnya apa itu pengertian GPU pada komputer / PC ? Secara umum GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit atau jika dijabarkan yaitu Unit Pengolahan Grafis, dalam definisinya menjelaskan bahwa GPU adalah sirkuit yang khusus dirancang secara cepat mengubah memori menjadi sedemikian rupa selanjutnya mempercepat pembentukan gambar dalam frame buffer dan hasil outputnya akan ditampilkan .

GPU adalah sistem yang biasannya berhubungan dengan Komputer, ponsel, konsol game, dan workstation, untuk lebih efektif dalam memanipulasi grafis komputer , memakai GPU modern saat ini adalah cara yang tepat dan bisa dibilang lebih efektif dibandingkan dengan tujuan CPU dalam hal pengolahan algoritma blok besar secara pararel, untuk GPU ini akan hadir dalam wujud motherboard atau video card jika bicara dalam hal komputer pribadi, dan yang perlu anda ketahui bahwa sekarang ini 90% lebih notebook dan komputer dekstop terbaru kini sudah terintegrasi dengan GPU.

Adalah Nvidia yang mempopulerkan istilah GPU secara global di tahun 1999, dengan kartu video GeForce (GPU pertama di dunia) yang ia pasarkan, dengan bentuk chip yang sudah terintegrasi dengan pencahayaan, transformasi, kliping, sekaligus mesin render yang mampu memproses sepuluh juta poligon dalam setiap detiknya, namun kemudian di tahun 2002 muncul sebuah perusahaan yang tidak mau memakai istilah GPU dengan menggantinya sebagai istilah VPU (Virtual Processing Unit) yang mana hal tersebut dilakukan oleh ATI .

Dari kedua perusahaan tersebut (Nvidia dan ATI) berkenaan dengan teknologi SLI-nya (Nvidia) dan juga Crossfire (ATI) ternyata memungkinkan 2 buah GPU digunakan buat menggambar sebuah fokus gambar tunggal, demi meningkatkan daya pengolahan grafis yang lebih baik, begitu juga dengan kartu grafis yang terintegrasi ini mampu membuat gambar semakin baik seperti pada AMD fusion bersama Intel HD graphics yang bisa menangani 2D serta grafis 3D dari adobe flash (namun masih tingkat rendah)

Bagaimana sekarang, sudah mengertikah anda tentang Pengertian GPU ? ataupun perbedaannya dengan VPU, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu.

Related

Hardware Komputer 7531612131435483764
item