PENGERTIAN WEBCAM & 5 TIPS MEMBELI / MEMILIH WEBCAM

Apa itu webcam ? Webcam adalah perangkat keras berupa kamera yang digunakan untuk melihat gambar atau video bergerak yang ada pada penggun...




Apa itu webcam ? Webcam adalah perangkat keras berupa kamera yang digunakan untuk melihat gambar atau video bergerak yang ada pada pengguna komputer lain. Hardware ini sendiri hadir pertama kali pada tahun 1992 dan mulai terhubung ke internet pada tahun 1993. Hingga saat ini, webcam sudah hadir dengan merek, bentuk dan fasilitas yang beragam. Selain itu, fpenggunaannya pun sangat beragam, mulai untuk merekam video atau media mengambil foto hingga media belajar dan pertemuan online.

Tips Cara Memilih / Membeli Webcam


1. Megapixels
Webcam tidak jauh berbeda dengan kamera digital, oleh sebab itu kualitasnya ditentukan juga dengan besar pixelnya. Bagi Anda yang menggunakan webcam hanya untuk chatting dan sejenisnya serta tidak memiliki badget besar, maka webcam 2 MP sudah lebih dari cukup. Namun jika ingin mendapatkan tampilan gambar yang lebih baik, Anda bisa membeli 3 MP atau lebih.

2. HD
Selain megapixels, resolusi juga mempengaruhi kualitas gambar atau video yang dihasilkan. Webcam berkualitas HD dengan resolusi sebesar 720p sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan gambar yang jelas. Namun jika Anda membutuhkan tampilan video yang benar-benar jernih, maka cari resolusi yang lebih besar. Tapi ingat, semakin besar maka semakin tinggi kebutuhan sistem.

3. Frame rate
Frame rate memiliki satuan fps (frame per second) yang berguna untuk memberikan penilaian mengenai pergerakan gambar. Semakin tinggi fps-nya, maka semakin halus video yang dihasilkan oleh webcam tersebut. Frame rate ini juga berhubungan dengan kecepatan internet yang digunakan.

4. Efek video
Untuk kebutuhan khusus, mungkin Anda ingin membeli webcam yang memiliki berbagai macam efek video, seperti teks, animasi, foregrounds dan lain sebagainya. Biasanya webcam seperti ini memiliki aplikasi khusus dan harga yang lebih mahal tentunya.

5. Sambungan
Jika Anda ingin membeli webcam untuk laptop atau Anda ingin menempatkan webcame di area yang cukup jauh dari komputer, maka webcam yang mendungkung nirkabel dalam bentuk bluetooth adalah pilihan yang tepat. Selain itu dalam perkembangannya, saat ini juga sudah ada webcame Wi-Fi yang membuat Anda bisa meletakan perangkat keras tersebut di tempat yang lebih jauh lagi dari komputer.

Itulah pengertian Webcam serta Tips membeli / memilih Webcam yang baik. Seiring dengan perkembangan webcam mulai ramai digunakan untuk video chat. Video chat dengan webcam menggunakan koneksi internet agar bisa terhubung ke pengguna Webcam lain sehingga bisa melihat langsung wajah lawan bicara dimanapun berada. Umumnya webcam digunakan pada situs situs dan aplikasi videochat atau video chat room misalnya camfrog, skype, Yahoo Messenger, Google Hangouts, dll

Related

Webcam 8942098168537046779
item