SOLUSI CEPAT JIKA TIDAK BISA COPY FILE BESAR KE FLASHDISK & PENJELASANNYA

Pernahkan anda mengalami hal dimana anda tidak bisa copy file besar ke Flashdisk dan muncul tulisan peringatan The file is too large for th...




Pernahkan anda mengalami hal dimana anda tidak bisa copy file besar ke Flashdisk dan muncul tulisan peringatan The file is too large for the destination file system ketika ingin mencoba menyalin file dari Komputer ke Flashdisk. Hal tersebut bisa saja terjadi saat kita hendak mencopy file kedalam USB Flashdisk dengan ukuran cukup besar (4 GB atau lebih besar). Lalu apa penyebabnya ? Berikut sedikit penjelasannya yang mungkin belum anda ketahui.

Secara default (umum) USB Flashdisk atau Harddisk Portable dengan kapasitas penyimpanan dibawah 2TB (2000GB) diatur dengan jenis file sistem FAT32 agar bisa terbaca / bisa dibuka di semua sistem operasi seperti PC Windows, Mac, Linux, HP Android via OTG dan lain lain. Untuk Flashdisk dengan jenis file sistem FAT32 ini hanya bisa copy file dengan ukuran maksimal 4 GB saja & file dengan ukuran diatasnya tidak bisa dicopy.

Nah cara agar bisa mengkopi file besar ke Flashdisk, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti file sistem Flashdisk dari FAT32 menjadi NTFS. Dengan mengubah sistem Flashdisk menjadi NTFS maka kita bisa menyalin file besar dengan ukuran 4 GB atau diatasnya sampai ratusan / jutaan GB sekalipun dalam sekali transfer file ke Flashdisk. Berikut ini adalah panduan cara merubah jenis sistem Flashdisk & contoh cara copy file besar.

CARA COPY FILE BESAR (4 GB+) KE USB FLASDISK


1. Pada artikel ini, saya menggunakan Flash Disk dengan kapsitas penyimpanan 8 GB dan kemudian menyalin (copy) file dari PC dengan ukuran 4,13 GB. Pada gambar dibawah terdapat pemberitahuan File too Large sehingga File (game Resident Evil 4) tidak bisa dipindahkan / disalin ke Flashdisk.

2. Agar bisa dicopy maka Flashdisk harus diubah Sistemnya menjadi NTFS, untuk merubahnya klik kanan pada Flashdisk di File Explorer lalu klik Format dan lihat pada File Sistem (disini masih tersetting FAT32).
Penting : Format ini akan menghapus semua file yang ada di Flashdisk, apabila di Flash Disk anda masih ada data data penting, slahkan backup / pindahkan dulu data & filenya ditempat lain.

3. Sekarang berlanjut untuk merubah sistem Flashdisk dari FAT32 ke NTFS, caranya cukup dipilih saja NTFS dari pilihan yang ada di menu File System, lalu klik START untuk memulai pemformatan.

4. Setelah Flashdisk dirubah sistemnya menjadi NFTS, sekarang Flashdisk sudah bisa digunakan untuk mencopy file yang ukurannya besar.

5. Inilah file besar yang sudah berhasil dimasukkan ke Flash Disk - NTFS.

Itulah cara agar bisa copy File besar ke Flashdisk dengan cara merubah file sistem Flash Disk menjadi NTFS. Untuk mengembalikan lagi menjadi FAT32 caranya juga sama yaitu klik kanan pada Flashdisk > Format > pilih FAT32 di file system > Start. Semoga bermanfaat !

Related

Flashdisk 2015427318480164763
item