CARA MENAMBAH / UPGRADE KAPASITAS RAM PADA KOMPUTER & LAPTOP

Bagi pengguna komputer & laptop mungkin ada pertanyaan seperti ini " bisakah kita menambah / upgrade RAM pada komputer / laptop ?...




Bagi pengguna komputer & laptop mungkin ada pertanyaan seperti ini "bisakah kita menambah / upgrade RAM pada komputer / laptop ?" Tentu saja jawabnya "bisa", namun ada syaratnya. Sebuah komputer / laptop bisa saja diupgrade RAM nya menjadi berkapasitas lebih besar tetapi kamu harus mengetahui terlebih dahulu berapa kapasitas maksimal RAM yang dapat dibaca oleh PC kamu. Misalnya PC memiliki kapasitas maksimal 8 GB RAM, tapi dipasang RAM berkapasitas 16 GB, ini yang akan terpakai hanya 8 GB saja. Dan sebaliknya jika RAM kamu hanya 2 GB & kapasitas maksimal ram 8 GB, kamu bisa menambahnya hingga 8 GB.

Syarat selanjutnya dalam menambah / upgrade RAM adalah RAM harus mendukung (cocok) dengan Processor kamu (DDR1, DDR2, DDR3). Intinya adalah kecepatan RAM harus mendukung processor agar bisa bekerja dengan baik. Tidak jadi masalah membeli RAM beda merk tapi tipenya sama. Selain itu RAM juga harus mendukung channel pada processor kita (Single, Dual, Tripple Channel). Jika sudah faham dengan syarat syarat tersebut kamu bisa membeli RAM yang sesuai.

Dari segi bentuknya RAM Laptop & RAM PC itu berbeda, RAM laptop (SO-DIMM) lebih pendek daripada RAM untuk untuk PC Desktop. Berikut langkah langkahnya jika kamu ingin menambah RAM.

CARA MENAMBAH / UPGRADE KAPASITAS RAM PC / LAPTOP


1. Pastikan semua arus listrik yang mengalir pada PC & Laptop sudah mati, jika Laptop maka lepas juga baterainya.

2. Buka Casing CPU / tutup RAM pada Laptop (masing2 laptop memiliki tempat RAM berbeda).

 Slot RAM di PC

Slot RAM di Laptop

3. Pasangkan RAM pada Slot RAM pada PC / Laptop yang tersedia.

4. Jika sudah terpasang dengan benar, silahkan nyalakan laptop / PC dan lihat pada informasi sistem.


Itulah cara mudah menambah / upgrade RAM di Komputer & Laptop. Sekedar informasi tambahan, kapasitas RAM yang berbeda pada masing masing RAM tidak jadi masalah saat dipasang asalkan RAM baru tersebut bertipe, seri, dan bandwith yang sama. Misalkan Ram pada slot 1 berkapasitas 1 GB dan RAM di Slot 2 berkapasitas 2 GB, maka total ram adalah 3 GB.

Related

Memory 7629424383089808081
item