APA ITU WINDOWS 32 BIT DAN 64 BIT KEKURANGAN & KELEBIHANNYA

Apa itu windows 32 bit & 64 bit ? Saat kita ingin install suatu Operating System pada komputer / laptop, Windows misalnya biasanya kit...




Apa itu windows 32 bit & 64 bit ? Saat kita ingin install suatu Operating System pada komputer / laptop, Windows misalnya biasanya kita akan disuguhkan dengan opsi 32 bit dan 64 bit. Bagi yang tidak terlalu memperhatikan tentang hal ini, mungkin akan cuek toh sama sama windows yang bisa digunakan dan dioperasikan. Namun jangan salah, dari kedua versi tersebut masing masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Pada artikel kali ini blog Hardware Komputer akan mengupas secara umum tentang windows 32 bit dan windows 64 bit.

Sebenarnya, istilah 32 bit dan 64 bit pada suatu sistem operasi komputer merupakan acuan kepada kemampuan CPU atau Processor dalam menangani suatu bit bit informasi. Pada suatu prosesor ada satu tempat yang bernama Register, ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data sementara. Bit dalam hal ini menunjuk pada lebar Register. Bisa dikatakan juga bahwa 64-bit register bisa menyimpan data lebih banyak dibandingkan dengan register 32-bit. RAM merupakan unit yang dimanfaatkan dalam besarnya lebar register ini. Umumnya, 32 bit hanya bisa mengakses RAM dengan kapasitas maksimal 4 GB, sedangkan 64-bit mampu bekerja pada kapasitas RAM diatas 4GB bahkan hingga 192 GB.

Register 64 bit bisa menjalankan suatu task 2x lebih cepat dibanding 32bit. Oleh sebab itu banyak sekali software atau game game "berat" yang bisa dengan mudah dijalankan pada 64 bit Operating System. Selain itu, semua program aplikasi windows 32 bit bisa dijalankan di 64 bit, namun program aplikasi 64 bit tidak bisa dijalankan di 32 bit.

BISAKAH UPGRADE OS WINDOWS DARI 32 BIT MENJADI 64 BIT ?


Untuk hal yang satu ini, kamu perlu mengetahui kira kira CPU kamu support 64 bit atau tidak, kamu bisa menggunakan sebuah software gratis yang bisa digunakan untuk mengeceknya. Sebagai contoh saya menggunakan Windows 7 32 bit dan akan mengeceknya apakah CPU saya support bila di upgrade ke Windows 64 bit.

1. Pertama, silahkan cek versi Windowsnya > My Computer > klik kanan > Properties


2. Selanjutnya download software securable (115 kb) di situs berikut : https://www.grc.com/securable.htm

Dari analisa tersebut, ternyata Processor saya support dengan Windows 64 bit.

KELEBIHAN & KEKURANGAN WINDOWS 64 BIT


Selain kelebihan 64 bit yang telah dibahas diatas beberapa kelebihan windows 64 bit antara lain, faktor keamanan menjadi lebih tinggi karena ada sistem kernel patch protection, mendukung RAM tinggi hingga 192 GB, sehingga kamu bisa menambah / upgrade RAM untuk beberapa keperluan. Selain itu efisiensi juga akan meningkat sehingga kinerja windows akan semakin optimal.

Adapun kekurangan windows 64 bit dibanding 32 bit antara lain, driver 32 bit tidak akan bisa berjalan, tidak semua aplikasi 32 bit bisa berjalan dengan baik walaupun sebenarnya bisa dijalankan. Itulah informasi seputar Apa itu windows 32 bit dan 64 bit serta kekurangan dan kelebihan pada kedua versi bit pada Operating System komputer tersebut.

Related

Windows 2083774321318702283
item