INILAH FUNGSI COLOKAN / PORT HDMI PADA LAPTOP & PC

Apa fungsi colokan /port HDMI pada Laptop ? Saat ini laptop bukanlah barang mewah lagi karena banyak perusahaan perusahaan ternama yang mer...




Apa fungsi colokan /port HDMI pada Laptop ? Saat ini laptop bukanlah barang mewah lagi karena banyak perusahaan perusahaan ternama yang merakit laptop dan mendistribusikan dengan harga yang relatif terjangkau sehingga laptop mudah dimiliki oleh siapa saja. Kehadiran Laptop sebagai komputer jinjing atau komputer portable yang bisa dibawa kemana mana semakin memudahkan penggunanya dalam memakai komputer dimanapun berada.


Laptop dibekali dengan hardware layaknya hardware komputer untuk menunjung fungsi dan kegunaan laptop itu sendiri. Salah satu fitur multimedia yang ada pada laptop adalah Port HDMI. HDMI merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface. Fitur HDMI sendiri biasa digunakan untuk transmisi sinyal suara dan gambar / video dengan kualitas HD dengan menggunakan konektor berupa kabel HDMI.

Fungsi colokan HDMI pada laptop tentunya untuk menampilkan tampilan layar laptop ke layar yang lebih besar seperti HD TV atau Proyektor. Bisa dikatakan juga Laptop sebagai media player seperti halnya DVD Player, Play Station 3, XBOX 360, PS4, XBOX One atau Wii U dll, dan TV / proyektor sebagai media displaynya. Colokan HDMI pada Laptop merupakan HDMI Out & Colokan HDMI pada TV merupakan HDMI In.

Salah satu pertanyaan yang terkait dengan fungsi colokan / port HDMI pada laptop adalah, "apakah bisa memainkan game pada konsol PS3, PS4, XBox di layar Laptop menggunakan kabel HDMI ?" Seperti telah dibahas diatas, Colokan HDMI Laptop maupun Colokan HDMI pada Play Station 3 / 4 merupakan sama sama HDMI Output, sehingga mustahil bisa terhubung. Coba lihat port HDMI pada laptop anda, jika hanya ada tulisan HDMI berarti itu adalah tipe Port HDMI Output, namun jika Port HDMI laptop labelnya adalah HDMI IN maka itu bisa digunakan untuk HDMI Input & menampilkan display.

Lihat juga : Cara menghubungkan Android ke TV.

FUNGSI PORT HDMI DI PC / CPU


Pada PC yang menggunakan hardware tambahan seperti Kartu Grafis atau GPU biasanya juga terdapat colokan / port HDMI beserta dengan colokan DVI dan colokan VGA. Fungsi colokan HDMI (OUT) di PC ini fungsinya sama saja dengan port DVI atau VGA yaitu untuk mengubungkan PC ke monitor via kabel HDMI. Monitor yang digunakanpun juga harus memiliki port HDMI (IN), jika monitor yang digunakan hanya memiliki port VGA maka diperlukanlah alat tambahan yang bernama kabel konektor / konverter HDMI to VGA yang disambung dengan kabel HDMI sehingga walaupun output PCnya menggunakan HDMI kita tetap bisa memakai monitor port input VGA dengan kabel converter tersebut.

Related

Tips Komputer 1098116924849963676
item