CARA FORMAT FLASHDISK & MENGHAPUS SEMUA DATA PADA USB FLASHDISK

Cara format flashdisk - Terkadang kita perlu untuk memformat flashdisk dengan berbagai alasan, misalnya untuk menghapus banyak data karena...




Cara format flashdisk - Terkadang kita perlu untuk memformat flashdisk dengan berbagai alasan, misalnya untuk menghapus banyak data karena dirasa tak mungkin untuk hapus file satu persatu, atau flashdisk terkena virus sehingga diperlukan untuk memformat isi dalam flashdisk. Secara istilah, format pada USB Flashdisk adalah menghapus semua file seperti halnya kita menghapus semua tulisan di papan tulis. Dengan pemformatan ini, flashdisk akan kosong bagaikan flasdisk baru.

Cara untuk format Flashdisk sangatlah mudah, anda tidak memerlukan aplikasi atau software tertentu, karena ini bisa dilakukan secara manual pada Windows Explorer (jika anda menggunakan OS Windows) seperti halnya copy / memindahkan data, pada OS lain mungkin caranya sedikit berbeda, namun secara garis besar adalah sama, yakni dengan klik menu format. Berikut ini adalah contoh cara formatnya.

CARA FORMAT FLASHDISK DI WINDOWS


1. Masukkan USB Flashdisk ke Port USB Laptop / Komputer anda, selanjutnya masuk kedalam Windows Explorer (Klik kanan pada menu Start > Open Windows Explorer).

2. Kemudian pilih menu COMPUTER, dan tunggu FLASHDISK terdeteksi.


3. Klik kanan pada removable Flashdisk lalu pilih menu FORMAT.


4. Kemudian klik START, dan tunggu proses Formating hingga selesai.


Begitulah cara format flashdisk untuk menghapus semua data didalam Flashdisk. Lebih baik jangan terlalu sering memformat flashdisk, lakukan saja bila benar benar perlu. Flashdisk yang terlalu sering di format bisa menyebabkan error, undetected, badsector atau paling parah rusak total.

Related

Tips Komputer 7417480986865581776
item