CARA MENYEMBUNYIKAN & MENAMPILKAN FILE & FOLDER RAHASIA DI WINDOWS 7

Menyembunyikan file & folder di Windows 7 ada kalanya diperlukan jika ada file atau folder di  PC / Laptop yang memang bersifat rahasia...




Menyembunyikan file & folder di Windows 7 ada kalanya diperlukan jika ada file atau folder di  PC / Laptop yang memang bersifat rahasia, terlebih jika PC tersebut sering dipinjam atau diotak atik oleh teman. Cara menyembunyikan file & folder ini tak hanya bisa dilakukan di Flashdisk atau media penyimpanan portable, tetapi meliputi keseluruhan file yang ada di disk komputer.

Tak ada software khusus yang digunakan untuk menyembunyikan file dan folder ini. Kita bisa memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Windows pada File / Windows Explorer. Cara ini mungkin saja bisa mudah diketahui oleh pengguna komputer berpengalaman, namun tentunya user yang tak cukup berpengalaman tak akan bisa mengakses file /folder pribadi anda yang disembunyikan. Berikut langkah langkahnya :

MENYEMBUNYIKAN FILE / FOLDER DI WINDOWS 7


1. Klik kanan folder yang ingin disembunyikan, misalnya folder rahasia seperti pada gambar dibawah. Klik PROPERTIES.


2. Berikan tanda CENTANG di kotak HIDDEN pada "Atributes", lalu klik APPLY


3. Lalu klik OK


4. Folder sudah hilang alias sudah tersembunyi.



MENAMPILKAN KEMBALI FILE / FOLDER TERSEMBUNYI / HIDDEN


Folder / file hidden yang tersembunyi tersebut tak akan bisa dibuka sebelum ditampilkan kembali melalui menu Folder Options, lokasi Folder Options berada di Control Panel, lebih jelasnya simak step by step dibawah ini :

1. Buka CONTROL PANEL (Start > Control Panel), lalu klik APPEARANCE

 2. Selanjutnya klik FOLDER OPTIONS


3. Kemudian pilih menu VIEW, lalu pilih option "Show Hidden Files, Folders, and Drivers".


4. Folder tersembunyi akan terlihat kembali. Namun folder tersebut sebenarnya masih berstatus Hidden, untuk mengembalikan agar tidak hidden, hilangkan saja centang HIDDENnya pada Atributes.


Itulah cara menyembunyikan serta menampilkan file & folder di Windows 7, cara tersebut bisa digunakan untuk menyembunyikan semua folder dan file tanpa terkecuali. Jadi mulai sekarang anda tak perlu khawatir jika memilki file yang tak ingin diketahui oleh orang lain, cukup disembunyikan dengan tehnik hidden ini.

Related

Windows 2373401935175515238
item